Kategori

Kamis, 24 Februari 2011

RPP PKn

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester                : X / 1
Alokasi Waktu                  : 2 X 45 Menit
Standar Kompetensi         : 1.    Memahami Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia [ NKRI ]
Kompetensi Dasar             : 1.1  Mendeskripsikan hakekat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
Indikator                           :
o   Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
o   Menguraikan pengertian bangsa
o   Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya negara
 

A.    Tujuan Pembelajaran
         Setelah proses pembelajaran Peserta didik dapat:
1.    Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2.    Menguraikan pengertian bangsa
3.    Menganalisis pengertian negara dan unsur  terbentuknya negara

B.     Materi Ajar
1.      Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2.      Pengertian Bangsa
3.      Pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya Negara

C.    Metode Pembelajaran
-      Diskusi
-      Tanya jawab
-      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
                      a.         Mengucapkan salam dan memperhatikan kehadiran serta kesiapan peserta didik
                     b.         Memberikan pertanyaan
o   prasyarat :  Jelaskan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
o   motivasi : “Bagaimana sebuah bangsa bisa terbentuk?”
  Syarat apa sajakah untuk berdirinya sebuah negara?”
                      c.         Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik
                     d.         Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus
Kegiatan Inti
                      a.         Eksplorasi
1.      Menggali pengetahuan peserta didik tentang manusia, masyarakat, bangsa dan negara
2.      Menyiapkan  gambar wilayah Indonesia,  wilayah  negara-negara dunia, pemimpin pemerintahan, penduduk melalui tayangan LCD
                     b.         Elaborasi
1.      Membimbing peserta didik berkelompok
2.      Membimbing peserta didik mendiskusikan unsur-unsur terbentuknya negara.
3.      Membimbing peserta didik menulis hasil diskusi kelompoknya
4.      Membimbing peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas
5.      Membimbing peserta didik menganalisis dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain
6.      Membimbing peserta didik menghargai pendapat dan kritikan dari peserta didik kelompok lain
7.      Membimbing peserta didik  memberikan penghargaan pada kelompok lain dengan memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang telah mengerjakan tugas dengan baik
                      c.         Konfirmasi
1.      Memberikan  umpan balik positif pada kelompok dengan proses dan hasil diskusi serta presentasi terbaik.
2.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik tentang unsur-unsur terbentuknya negara melalui tayangan power point lewat LCD
3.      Menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta didik
4.      Membimbing peserta didik melakukan refleksi
5.      Memotivasi peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif
Penutup
                      a.         Membimbing peserta didik merangkum pembelajaran
                     b.         Memberikan tugas kelompok pada peserta didik untuk menulis laporannya
                      c.         Menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya ( Hakikat Negara dan Bentuk Kenegaraan).

E.     Sumber dan Media Pembelajaran
1.    Sumber Belajar
a.       Listiyardi, Retno dan Setiadi, (2008). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMK dan MAK kelas X,Jakarta: Penerbit Erlangga
b.      Suteng Bambang, dkk (2007). Pendidikan Kewarganegaraan SMA untuk  kelas X, Jakarta: Penerbit Erlangga
c.       LKS Prasasti PKn kelas X
2.    Media Pembelajaran
a.       LCD
b.      Papan tulis
c.       Spidol
d.      Kertas Manila
e.       Selotip

F.     Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran.
Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis, performance test dan presentasi hasil diskusi.

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar!
1.      Jelaskan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial!
2.      Jelaskan tentang pengertian bangsa dan Negara!
3.      Jelaskan unsur- unsur berdirinya sebuah Negara!

   Kunci Jawaban:
1.      Sebagai individu manusia terdiri dari unsur rohani dan jasmani yang melekat dalam  satu pribadi dan tidak terpisahkan. Status makhluk sosial melekat pada diri setiap individu. Ia tidak dapat bertahan hidup secara utuh hanya dengan mengandalkan dirinya sendiri. Menurut kodratnya  manusia selalu  memerlukan bantuan orang lain, dalam hidupnya. ia tidak dapat hidup menyendiri terpisah dari manusia lain, kecuali  terpaksa  itupun bersifat  sementara.
2.     Bangsa atau nation adalah kesatuan solidaritas, kesatuan yang terdiri dari orang-orang      yang saling merasa setia kawan satu sama lain. Menurut Logeman negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang bertujuan, dengan kekuasaannya mengatur serta menyelenggarakan suatu masyarakat.
3.      Unsur terbentuknya negara:  rakyat,  wilayah,  pemerintahan, dan pengakuan dari negara lain.




Lembar Observasi Pelaksanaan Pembelajaran

No

Nama Peserta Didik
Kriteria Penilaian

Jumlah skor
1
2
3
4
5









































Keterangan :
  1. Aktivitas dalam kelompok
  2. Tanggungjawab individu
  3. Pemikiran
  4. Keberanian berpendapat
  5. Keberanian tampil
Rentang skor 1-3
2-18     : sangat baik
9-14     : baik
6-11     : cukup
3-8       : kurang




Kudus, 12 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 Kudus                                               Guru Mata Pelajaran




Drs. Harto Sundoyo                                                       Khoirul Annas, S.Pd.
         NIP 19630902 198903 1 013                                       NIP 19860704 200903 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar