SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK N 2 Kudus
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS/SEMESTER : X/ 1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
ALOKASI WAKTU : 12 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | · Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial · Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa · Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | Bangsa dan negara o Manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial o Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa o Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara - Rakyat - Wilayah - Pemerintah yang berdaulat - Pengakuan dari negara lain | Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur tentang pengertian dan unsur terbentuknya bangsa, pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya negara | oNon tes: Performance test (tugas kelompok/ individu) oTes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya) oPresentasi | 2 | | | ·Listiyardi, Retno dan Setiadi, (2008). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMK dan MAK kelas X,Jakarta: Penerbit Erlangga ·Suteng Bambang, dkk (2007). Pendidikan Kewarganegaraan SMA untuk kelas X, Jakarta: Penerbit Erlangga ·LKS Prasasti PKn kelas X |
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | · Menganalisis pengertian Negara · Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara · Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara · Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan | Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan o Hakikat negara o Asal mula terjadinya negara o pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain o Bentuk-bentuk kenegaraan | Mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang pengertian dan asal mula terjadinya Negara Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan | oNon tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) oTes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya) oPresentasi | 4 | | | ·Listiyardi, Retno dan Setiadi, (2008). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMK dan MAK kelas X,Jakarta: Penerbit Erlangga ·Suteng Bambang, dkk (2007). Pendidikan Kewarganegaraan SMA untuk kelas X, Jakarta: Penerbit Erlangga ·LKS Prasasti PKn kelas X |
1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | · Menguraikan pengertian tujuan dan fungsi negara · Membandingkan berbagai teori tentang tujuan dan fungsi Negara · Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia | o Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal o Perbandingan berbagai teori tentang tujuan dan fungsi negara o Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 | Mengkaji dari berbagai buku sumber tentang pengertian, fungsi negara secara universal Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur tentang teori fungsi dan tujuan negara serta tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia | oNon tes: Performance tes (tugas kelompok/ ndividu) oTes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya) oPresentasi | 2 | | | ·Listiyardi, Retno dan Setiadi, (2008). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMK dan MAK kelas X,Jakarta: Penerbit Erlangga ·Suteng Bambang, dkk (2007). PKn SMA untuk kelas X, Jakarta: Penerbit Erlangga ·LKS Prasasti PKn kelas X ·UUD 1945 |
1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | · Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan · Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan · Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan · Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia | o Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme) o Makna nasionalisme o Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan o Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan | Mengkaji dari berbagai literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia | oNon tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) oTes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya) oPresentasi | 2 | | | ·Listiyardi, Retno dan Setiadi, (2008). PKn untuk SMK dan MAK kelas X,Jakarta: Penerbit Erlangga ·Suteng Bambang, dkk (2007). PKn SMA untuk kelas X, Jakarta: Penerbit Erlangga ·LKS Prasasti PKn kelas X ·Film perjuangan ·Artikel |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar